Pembukaan Kapitel Umum SPM 2022

Kapitel Umum – juga disebut – Sidang Umum – yang mewakili semua suster anggota kongregasi, selama bersidang merupakan badan tertinggi, yang bertugas mengambil keputusan-keputusan dan menjalankan koordinasi. (Konstitusi SPM hlm. 92 no. 8.1)

Kapitel Umum SPM tahun 2022 diselenggarakan pada tanggal 5-16 Agustus di Rumah Pembinaan St. Julie Billiart, Lawang. Inilah Kapitel Umum pertama yang diselenggarakan di luar Belanda. Suatu momentum bersejarah bagi kongregasi dan secara khusus bagi Provinsi Indonesia. Kapitel Umum ini diselenggarakan secara hybrid (online dan offline) karena para suster di Belanda tidak bisa hadir di Indonesia mengingat kondisi kesehatan mereka dan situasi pandemi covid-19 yang belum mereda. Para suster di Belanda hadir secara virtual dan para suster utusan Malawi dan Indonesia hadir bersama di Lawang.

Kapitel Umum ini dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Rm. Sudarminta, SJ dan Rm. Priyono Marwan, SJ. Dalam homilinya, Rm. Priyono, SJ berpesan bahwa semangat mencintai Yesus Kristus dengan sepenuh hati dan mengikuti-Nya secara total telah menempatkan Suster-suster SPM dalam tantangan-tantangan besar saat ini baik secara eksternal maupun internal. Dalam konteks eksternal, para suster mengalami ketidakpastian dunia seperti yang digambarkan oleh beberapa badan internasional serta kegelapan yang menyelimuti dunia seperti yang ditulis oleh Bapa Suci, Paus Fransiskus dalam ensikliknya Fratelli Tutti. Dalam keadaan internal, kongregasi dengan cara yang sangat dinamis memperbaharui dirinya secara spiritual, apostolik, dan organik.

Selamat berkapitel, para suster. Semoga berkat Allah yang Mahabaik dan penyertaan Bunda Maria menyertai para suster dalam proses kapitel.

Leave a comment