Pembukaan Kapitel Provinsi Indonesia 2016

Kapitel Kerja tahap I diselenggarakan pada tanggal 9-15 Mei 2016. Kapitel ini dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh Rm. J. Sudarminta, SJ dan Rm. H. Suwaji, O.Carm. Perayaan Ekaristi diselenggarakan di kapel SPM Probolinggo dan dihadiri para suster peserta Kapitel Provindo (kapitulan), 2 suster DPU, Br. Heribertus, FIC selaku pembimbing manajemen berkapitel, serta para Suster SPM dari beragam komunitas.

Dalam homili, Rm. Sudarminta menyampaikan bahwa kapitel merupakan peristiwa iman dan peristiwa bersejarah dalam Kongregasi untuk membuka pintu yang baru, sedangkan pintu awal sudah dibuka oleh para pendiri dan pendahulu Kongregasi dengan spiritualitas dan kharisma Kongregasi yang sudah dibagikan kepada banyak orang. Tema kapitel saat ini tidak terpisah dari tema kapitel-kapitel tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2006 dengan tema “Menatap masa depan penuh harapan” yang artinya melihat masa depan Kongregasi dengan penuh optimisme dengan mengandalkan kekuatan Allah dan Roh Kudus. Pada tahun 2010 tema kapitel “Menuju masa depan penuh harapan”, yaitu dengan doa dan refleksi para suster mematangkan tujuan masa depan. Sedangkan tahun 2016 dengan dengan tema “Merangkul masa depan penuh harapan: persekutuan hidup baru yang mandiri dan ekaristis, tentunya Kongregasi diharapkan berani menerima segala konsekuensi dengan apa yang akan terjadi.

Kapitel tahun ini menjadi saat di mana orang-orang yang dipercaya Kongregasi menemukan kekuatan dan aspirasi untuk menjadi 2 provinsi dengan harapan “biji unggul” dapat tumbuh kembang karena itu perlu meneladani iman Abraham dan Maria, yang berani keluar dari kemapanan menuju tempat yang belum pasti, dengan percaya kepada Allah. Maka dari itu, apapun keputusan kapitel tahun ini nantinya menjadi milik bersama untuk dirangkul dan dihidupi oleh semua anggota Kongregasi, serta mem-biarkan Allah bekerja dalam tugas perutusan. Oleh karena itu, meneladani iman Abra-ham dan Maria disadari tidak mudah, diperlukan sikap tekun, setia, dan berani.

Rm. Sudarminta memberi pesan kepada para anggota kapitel agar mempunyai hati yang hening dan mendengarkan sabda Tuhan, sehingga peka akan tanda-tanda jaman. Homili ditutup dengan membacakan dokumen Konsili Vatikan II dari VC: Kongregasi pada masa lalu mempunyai sejarah yang gemilang yang perlu dibanggakan. Namun, kita juga perlu berani melangkah ke depan bagi sejarah baru yang luar biasa. Romo mengajak para suster untuk juga berterima kasih kepada para suster pendahulu, para suster SPM secara keseluruhan, juga para suster yang sudah berpulang ke rumah Bapa, karena mereka mendoakan kita dalam peristiwa iman ini.

Setelah homili para suster kapitulan menyatakan komitmen masing-masing di depan altar, yang sudah ditulis dalam kertas berwarna merah, kuning, hijau, dan biru dalam rangkaian bunga matahari, diiringi lagu like the sun flowers.  Komitmen itu dirangkum dalam satu kata kunci: setia, iman, kasih, mendengarkan, hening, terbuka, dll.

Setelah Perayaan Ekaristi, semua diundang menikmati makanan dan minuman ringan bersama di ruang makan komunitas Probolinggo sampai pukul 10.00. Selanjutnya para suster kapitulan dan para suster yang hadir diundang untuk mengikuti pembukaan kapitel di ruang sidang.

Sr. Anita SPM sebagai ketua sidang kapitel menyatakan bahwa Kapitel Tahap I resmi dibuka pada hari Senin, 9 Mei 2016 pukul 10.15. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan persiapan rohani dari Rm. Sudarminta, SJ dan pengendapan pribadi sampai pukul 12.30.

Pada saat makan siang diadakan acara “slametan” dengan pemotongan tumpeng. Acara makan siang diawali dengan pe-ngantar makna tumpeng oleh Sr. Priska, SPM dilanjutkan doa pembuka oleh Sr. Rita, SPM. Pemotongan tumpeng oleh Sr. Anita dan diserahkan kepada anggota kapitulan termuda yaitu Sr. Vianney, SPM dilanjutkan dengan makan bersama.

Selamat memasuki momentum doa dan refleksi dalam hari-hari Kapitel! Proficiat!

2 thoughts on “Pembukaan Kapitel Provinsi Indonesia 2016”

  1. Terima kasih Sr. Vianny yang telah mengupdate berita ini …semangat terus menjadi anggota kapitel ya! demi masa depan yang lebih baik…salam mekar merekah!

Leave a comment